Bulking Bersih vs Bulking Kotor?

Pengertian bulking adalah program menaikan berat badan, tentu kita sepakat bahwa menaikan berat badan yang sehat itu dengan menaikan masa otot. Sesuai judul diatas kita akan membahas tentang bulking bersih atau bulking kotor.

Bulking bersih adalah bulking yang diusahakan untuk tetap mengatur makan sebaik mungkin, dengan tetap memakan makanan yang sehat dan tidak mengandung banyak lemak sehingga lebih mengoptimalkan kenaikan masa otot.

Sedangkan bulking kotor itu adalah bulking dengan memakan makanan apa saja tidak peduli masa otot atau masa lemak yang naik, jangan karena sedang dalam fase menaikan berat badan lalu bisa makan apa saja.

Ada salah satu orang yang dengan sangat bahagia karena proses bulkingnya dia rasa sangat mengaggumkan. Dia mendapatkan lima kilogram kenaikan berat badan hanya dengan kurun waktu satu bulan.

Kemudian saya menanyakan padanya, “Apa saja yang kamu makan?” dia bilang bahwa dia makan apa saja waktu fase bulking, termasuk es krim, gorengan, bahkan makanan berkuah kari yang sangat kental. Saya tersenyum dan berkata bahwa kamu akan tahu waktu memasuki fase cutting (membuang lemak – red) setelah fase bulking ini.

Baca Juga : daftar suplemen dalam fase bulking

Ada lagi satu orang yang dengan murung berkata bahwa proses bulkingnya dia rasa mengecewakan. Dia bilang hanya mendapatkan satu setengah kilogram dalam satu bulan. Dan saya tanyakan pertanyaan yang sama padanya, dia bilang dia berusaha mengikuti program bulking dengan tetap memakan makanan seperti nasi merah, dada ayam, daging bebas lemak, alpukat dan makanan berkadar lemak sedikit lainya. Saya pun beri jawaban yang sama kepadanya.

Sepertinya keduanya sama sama tidak tahu apa yang membuat naik berat badan dalam tubuhnya. Yang pertama tidak tahu bahwa naik lima kilogram dalam sebulan itu bisa dibilang mustahil jika dilakukan dengan natural, saya tidak bisa membayangkan jika seseorang bisa menaikan masa otot hingga lima kilogram dalam satu bulan, mungkin dia akan jadi monster dalam kurang dari tiga tahun.

Sedangkan Bodybuilder terkenal luar negeri sekalipun butuh waktu bertahun tahun untuk membangun masa ototnya, itupun dia lakukan dengan berbagai suplemen dan nutrisi yang terus dipantau ahli nutrisi.

Pas waktunya untuk membuang lemak saya lihat mereka berdua. Orang pertama sangat butuh kerja keras dan butuh waktu yang lebih lama untuk membentuk otot sixpack dan serat otot lainya dibanding orang yang kedua.

Orang kedua hanya dalam waktu satu bulan sudah mulai terbentuk otot yang lean renda lemak. Guratan sixpack sudah mulai kelihatan. Sedangkan orang pertama harus membuang banyak waktu lagi dalam diet.

Jadi kesimpulanya Bulking bersih itu lebih efektif meskipun membutuhkan waktu lebih lama karena dengan bulking bersih akan lebih merangsang kenaikan masa otot sedangkan kenaikan lemak tidak terlalu signifikan. Sedangkan bulking kotor akan membuat kerja lebih berat waktu masuk fase diet.

Baca Juga : makanan untuk diet

Lebih baik ukur dahulu berat badan dan kadar lemak sebelum bulking. Dan ukur lagi secara rutin selama bulking jadi kita bisa mengetahui berapa kadar lemak sebelum memasuki fase bulking, dan setelah bulking.

Baca Juga : cara menyembuhkan nyeri otot

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *