Ciri Ciri Penyakit Tipes dan Cara Mencegahnya

Penyakit tipes merupakan salah satu penyakit yang termasuk dalam kategori penyakit berbahaya, penyakit ini dapat mengakibatkan penderitanya di opname sampai berhari hari. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri salmonella thypi. Penyakit tipes menyerang tubuh bagian pencernaan. Karena tipes cukup berbahaya jika terlambat melakukan tindakan maka Anda perlu mengetahui ciri ciri penyakit tipes seperti yang akan kami bahas di bawah ini.

ciri ciri penyakit tipes

Ciri Ciri Penyakit Tipes

  • Menurunnya Nafsu Makan

Ciri ciri penyakit tipes yang pertama adalah nafsu makan yang menurun. Berkurangnya nafsu makan disebabkan oleh virus penyebab tipes yang ada di usus. Infeksi virus ini dapat menyebabkan rasa kurang nyaman pada area perut. Namun seseorang yang mengalami penurunan nafsu makan belum tentu terdiagnosa terserang tipes.

  • Mengalami Demam

Selain nafsu makan menurun seseorang yang terkena tipes biasanya terkena demam. Biasanya demam terjadi pada malam hari dan juga sore. Demam yang diderita umumnya mencapai 6  sampai 11 hari bahkan suhu badan bisa mencapai 400C.

  • Kurang Darah

Tanda – tanda penyakit tipes berikutnya adalah anemia. Anemia yang terjadi pada penderita tipes  karena pendarahan di usus karena serangan bakteri salmonella.

  • Denyut Nadi Menjadi Lemah

Tubuh lemas dan denyut nadi melambat juga merupakan salah ciri ciri penyakit tipes. Hal ini dikarenakan toksin yag dihasilkan oleh bakteri salmonella.

Baca Juga : cara menghitung denyut nadi normal

  • Berat Badan Menurun

Karena nafsu makan berkurang dan infeksi yang terjadi pada usus dapat mengakibatkan penyerapan nutrisi menjadi tidak sempurna. Hal ini dapat mengakibatkan tubuh penderita kehilangan banyak berat badan.

  • Lidah berwarna putih pucat

Tanda penyakit tipes juga bisa dilihat dari lidah penderitanya. Jika dijulurkan lidah akan tampak putih dan pucat, selain itu jika dilihat dengan seksama akan terlihat warna kemerahan pada bagian tepi lidah. Dan lidah akan terasa pahit saat mengecap.

  • Berubahnya Pola BAB

Karena bakteri ini menyerang usus besar, akibatnya proses penyerapan air dan nutrisi menjadi kurang sempurna, hal ini dapat mengakibatkan diare. Beberapa penderita tipes juga mengalami sembelit.

  • Mudah Lelah

Diare, muntah dan nafsu makan yang menurun dapat mengakibatkan penderitanya sangat mudah lelah, bahkan susah untuk berkonsentrasi.

  • Warna urin Kecoklatan

Perlawanan zat imun (zat kekebalan tubuh) dapat mengakibatkan perubahan warna pada air seni. Waspadi jika beberapa ciri ciri penyakit tipes yang lain mulai muncul disertai dengan perubahan warna air seni.

  • Menurunnya Sel Leuksit pada Darah

Penurunan leukosit pada penderita tipes diakibat karena sel darah putih melakukan perlawanan terhadap infeksi bakteri salmonella.

Jika ciri ciri penyakit tipes diatas sudah mulai muncul maka Anda perlu ke dokter untuk mendapat kepastian diagnosa penyakit yang Anda alami.

Sedangkan untuk pencegahan penyakit tipes bisa baca di bawah ini

Cara Mencegah Penyakit Tipes

Karena penyakit tipes terjadi karena konsumsi makanan sembarangan yang telah tercemar bakteri salmonella maka hal ini yang perlu Anda lakukan untuk mencegah penyakit tipes.

  1. Selalu cuci tangan sebelum dan sesudah makan
  2. Makan secara teratur
  3. Pastikan cuci bersih semua perlatan makan
  4. Jangan makan makanan sembarangan, karena biasanya bakteri ini ada pada jajanan yang tidak terjamin kebersihannya
  5. Konsumsi makanan berkualitas seperti bernutrisi dan gizi seimbang
  6. Rutin melakukan olahraga
  7. Hindari telur setengah matang
  8. Istirahat cukup, dapatkan tidur berkualitas pada malam hari minimal 6 – 7 jam. Hal ini untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh.
  9. Yang terakhir kenali ciri ciri penyakit tipes untuk segera mendapatkan penanganan sebelum terlambat.

Sekian artikel ciri ciri penyakit tipes dan cara mencegahnya, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca Juga : daftar makanan bagi penderita diabetes

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *