Fungsi Lemak Pada Tubuh

Fungsi Lemak – Sebagian orang sangat memandang negatif terhadap lemak, tanpa tahu fungsi lemak yang sesungguhnya. Tanpa disadari lemak sangat dibutuhkan oleh tubuh Anda untuk dapat bekerja dengan normal.

Lemak merupakan salah satu zat makro dan mempunyai fungsi yang sangat penting untuk tubuh. Dalam keadaan normal tubuh akan menyimpan kelebihan kalori menjadi lemak . Oleh sebab itu, untuk mempertahankan kesehatan, maka tubuh membutuhkan lemak.

Di halaman slideshow berikut ini kami akan membagikan fungsi lemak untuk tubuh Anda :

Fungsi Lemak Untuk Sumber Energi

fungsi lemak

Sebagian besar lemak akan dalam keadaan normal akan diubah menjadi energi, dan dapat memberikan sekitar 8.3 kkal untuk setiap satu gram lemak, lemak lebih besar menghasilkan energi daripada protein dan karbohidrat  yang menyumbang energi sebanyak 4 kkal untuk satu gram protein ataupun karbohidrat.

Lemak didalam tubuh tidak hanya berasal dari makanan berlemak, melainkan dari semua jenis makanan. Setiap makanan yang tidak terpakai kalorinya maka tubuh akan menyimpan energi tersebut dalam bentuk lemak.

Sebagian besar lemak akan disimpan dalam bagian bagian tubuh seperti: Dibawah kulit, rongga perut yang melindungi organ dalam, dan pada otot.

Fungsi Lemak Sebagai Sumber Asam Lemak Esensial

fungsi lemak

Sebagian besar tubuh bisa memproduksi semua jenis lemak. Tetapi, asam lemak esensial tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Dan asam lemak yang paling dibutuhkan oleh tubuh adalah asam lemak esensial, mengingat tubuh secara alami tidak dapat memproduksi lemak esensial.

Karena tubuh kita secara alamiah tidak dapat menciptakan asam lemak esensial maka kita membutuhkan asam lemak esensial dari makanan sehari hari.

Dan salah satu fungsi asam lemak esensial antara lain : untuk struktur membran, penglihatan, sistem saraf, sintesis mediator lipid, dan juga regulasi ekspresi gen.

Fungsi Lemak Untuk Menyimpan Cadangan Protein

fungsi lemak untuk menyimpan protein

Tubuh membutuhkan lemak untuk menjaga protein bekerja sesuai fungsi utamanya. Dalam kondisi defisit energi maka tubuh akan menggunakan protein sebagai sumber energi dan akan membuat tubuh anda mengalami katabolik atau pemecahan protein dari otot.

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *