Pengaruh Insomnia Terhadap Berat Badan

Beberapa orang yang mengalami kelebihan berat badan memahami bahwa ada banyak masalah kesehatan yang disebabkan karena beberapa kilogram tambahan ditubuhnya. Pengaruh insomnia terhadap berat badan telah lama dicurigai oleh beberapa komunitas medis. Sebuah studi pada tahun 2009 yang dilakukan oleh peneliti UCLA, semakin menegaskan kecurigaan itu dan menguatkan pengaruh insomnia terhadap berat badan.

Impuls rasa lapar diatur oleh hormon. Ada hormon untuk memebrikan sinyal kepada tubuh tentang rasa lapar. Ada juga hormon yang membertahu tubuh Anda tentang rasa kenyang. Harus ada keseimbangan antara kedua hormone tersebut agar berfungsi dengan baik.

Salah satu alasan insomnia menyebabkan berat badan naik adalah bahwa kurang tidur dapat mendistorsi keseimbangan kedua hormon. Hal ini dapat menyebabkan orang merasa lapar padahal sebenarnya tubuh sudah kenyang.

Tentu saja, ketidakseimbangan hormon adalah salah satu alasan bahwa insomnia dapat menyebabkan kenaikan berat badan, tapi mungkin ada orang yang berbeda.

Misalnya, seseorang yang kurang tidur jauh lebih kecil kemungkinannya untuk olahraga lebih rutin daripada seseorang yang mendapat tidur malam yang cukup.

Selain ada pengaruh insomnia terhadap berat badan, ada juga hubungan antara insomnia dan kurangnya kemampuan untuk menurunkan berat badan. Studi menunjukkan bahwa kurang tidur dapat membuat lebih sulit untuk menurunkan berat badan.

Hubungan antara insomnia dan kenaikan berat badan menunjukan bahwa ada aktivitas menyakitkan yang dapat mempersulit Anda dalam menurunkan berat badan.  Mendapatkan tidur malam yang baik secara teratur akan membantu Anda untuk mengendalikan rasa lapar dan membuatnya lebih mudah untuk memangkas lemak tubuh yang tidak diinginkan.

Hal tersebut tidak berarti dengan mendapatkan tidur malam yang baik dapat menurunkan berat badan Anda dengan ajaib. Sebaliknya, menemukan solusi susah tidur  akan menjadi salah satu bagian mempermudah proses penurunan berat badan.

Baca Juga : susah tidur? ini solusinya

Selain telah terbukti bahwa pengaruh insomnia terhadap berat badan sangat kuat. Kelebihan berat badan juga membawa resiko masalah medis yang serius, sangat penting untuk medapatkan tidur yang cukup karena selain dapat menurunkan berat badan juga baik untuk kesehatan Anda.

Seperti kita ketahui bahwa semua tips diet sehat mengharuskan untuk mendapatkan tidur berkualitas dimalam hari.

Baca Juga : diet tanpa harus olahraga

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *