Manfaat Kedelai Untuk Otot dan Kesehatan

Sudah diakui di dunia medis bahwa kedelai mempunyai segudang manfaat untuk tubuh anda. Selain karena harga yang murah dan juga mudah didapatkan di indonesia, kacang kedelai juga mempunyai Manfaat untuk kesehatan dan pembentukan otot.

Dibawah ini Manfaat Kedelai Untuk Otot

Kedelai sangat tinggi kandungan protein di dalamnya, terdapat 40gr protein / 100gr kedelai, bisa baca Manfaat Protein Bagi Otot  jika belum mengetahui manfaat protein. Dengan kandungan yang setinggi itu, maka tidak mengherankan banyak suplemen yang memasukan kedelai sebagai sumber protein di dalamnya.

Jika anda termasuk vegetarian bisa memilih kedelai sebagai sumber protein. Kedelai bisa anda olah menjadi susu atau sekedar merebus / kukus untuk cemilan sehari hari anda.

Mencampur bubuk kedelai dengan whey protein baik sebelum dan sesudah latihan merupakan cara terbaik untuk memanfaatkan antioksidan didalamnya. hal ini dapat mempercepat pemulihan setelah latihan. Tambahkan bubuk kedelai dalam whey protein dengan perbandingan 1 : 1.

Kedelai meningkatkan tingkat nitricoxide, yang dapat meningkatkan aliran darah ke otot dan hormon pertumbuhan. Darah membawa berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh otot, sehingga dengan lancarnya peredaran darah dalam tubuh akan sangat baik program pembentukan otot anda.

Kedelai mengandung senyawa yang disebut phytoestrogen, yang pada dasarnya adalah versi vegetal estrogen atau hormon wanita. Tetapi phytoestrogen tidak bekerja seperti estrogen dalam tubuh laki-laki. Ada banyak bukti bahwa kedelai tidak mengurangi kadar testosteron.

Protein  yang terdapat dalam kedelai cepat dicerna dan dikenal sebagai fast acting protein. mengalirkan asam amino yang besar ke dalam darah, sehingga protein ini dapat digunakan untuk memperbesar massa otot. Selain dapat meningkatkan massa otot, protein dalam susu kedelai juga membantu mempercepat pemulihan otot setelah latihan dan memberikan energi tambahan.

Dengan mengkonsumsi susu kedelai secara rutin dan latihan yang benar dapat meningkatkan massa otot, mengurangi kadar lemak dalam tubuh dan mengurangi terjadinya radang otot.

Manfaat Kedelai Untuk Kesehatan Jantung

Sebelumnya wanita sering menjadi objek yang paling diuntungkan dari manfaat kedelai. Sebuah penelitian menunjukan Efek protein kedelai dan isoflavon kedelai pada tekanan darah dan kolesterol. beberapa pria yang mengkonsumsi kedelai dalam diet mereka ditemukan memiliki penurunan yang signifikan dalam kedua diastolik dan sistolik tekanan darah. Bukan itu saja, kadar kolesterol dalam darah mereka lebih rendah, Namun kadar kolesterol baik (HDL) mereka meningkat.

Dengan mengkonsumsi 20 gram protein kedelai setiap hari dengan termasuk 80 mg isoflavon didalamnya, paling tidak dalam 5 pekan akan lebih efektif untuk mengurangi resiko penyakit jantung (Journal of American College of Nutrition).

Setelah membaca manfaat kedelai yang sangat baik untuk kesehatan dan mempercepat pembentukan otot di atas, apakah masih meremehkan makanan murah tersebut?. Selain manfaatnya yang sangat baik, kedelai juga mempunyai rasa yang nikmat dan cukup mudah cara pengolahannya seperti dijadikan cemilan dengan merebusnya/ kukus, bisa juga dijadikan minuman susu kedelai.

Atau kalau malas untuk sekedar mengolahnya, sekarang sudah banyak berbagai macam produk makanan olahan dengan bahan dasar kedelai. Tetapi sebagian besar produk olahan tersebut dengan kandungan kedelai didalamnya tidak lebih dari 40%, dan terlalu banyak mengandung gula. Tentunya akan lebih baik jika membuatnya sendiri dirumah.

Baca Juga : Tips Menambah Berat Badan Dengan Alami

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *