Whey Protein dan Manfaatnya

Whey protein merupakan suplemen favorit utama dalam pembentukan otot. Whey protein terbukti sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan protein, selain suplemen tambahan lainya. Ada sangat banyak merek whey protein diluar sana. Semua produk menganggap dirinyalah yang paling bagus. Tapi apakah benar demikian? im not sure. Komposisi dan Nutrition Fact yang bisa membuktikan, bukan gambar atlet besar di label botolnya.

Whey sebelumnya hanya limbah sisa pembuatan keju, siapa sangka limbah satu ini akan jadi semahal sekarang. Whey memiliki warna kuning-kehijauan, rasa yang sedikit asam, dengan aroma yang agak harum. Tapi sekarang banyak Whey dengan rasa seperti strawberry, coklat dll.

Karena terbuat dari bahan dasar susu tentunya mengandung protein dengan konsetrat tinggi. Rata rata kandungan protein dalam whey sekitar 20 – 30 gram per 35 gram sajian, tergantung tingkat kemurnianya. Karena kandungan protein yang sangat tinggi whey jadi favorit suplemen di kalangan atlet. Para atlet binaraga selalu menjadikan whey sebagai pilihan nomor satu, sebelum memutuskan untuk memilih suplemen lainya. Seperti yang sudah saya bahas di artikel Manfaat Protein Untuk Otot. Karena dalam whey protein murni terdapat kandungan laktosa yang cukup tinggi, sekarang sudah banyak produsen whey protein mengurangi bahkan menghilangkan laktosa dalam whey protein.

Banyak yang bertanya apakah Whey protein bisa dikonsumsi oleh perempuan, jawaban saya adalah sangat diperbolehkan. Bahkan sudah banyak penelitian manfaat whey protein untuk membakar lemak, perempuan mana yang tidak mau mempunyai tubuh langsing?. Atau ada pendapat bahwa kelebihan protein dapat menyebabkan berbagai penyakit. Saya sepakat dengan pendapat tersebut, tetapi hal tersebut jika dikonsumsi dalam jumlah besar. Faktanya lebih banyak yang kekurangan protein dari pada kelebihan protein. Padahal kebutuhan protein untuk aktivitas normal adalah 0,5 – 1 gram per satu kilogram berat badan, dan pastinya hal tersebut akan berbeda bagi fitness mania yang banyak melakukan aktivitas, dan hal tersebut membutuhkan protein lebih.

Baca Juga : cara memilih whey protein terbaik

Bahkan ada penelitian bahwa whey protein bermanfaat untuk mengurangi resiko penyakit jantung dan kanker. Whey protein lebih banyak manfaatnya daripada efek negatif jika bijak dalam mengkonsumsinya, dan yang pasti akan sangat diperhitungkan mengingat harga yang cukup mahal jika harus dikonsumsi secara membabi buta bukan?.Kesimpulan: Whey protein sangat bermanfaat, selain buat menaikan masa otot dan membantu proses pembakaran lemak, whey protein juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga : 5 Tips Dalam Memilih Suplemen

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *