Manfaat Teh Hijau Untuk Diet Lebih Cepat

irondumbbell.com – manfaat teh hijau untuk diet – Teh hijau merupakan salah satu makanan tersehat, selain manfaat untuk kesehatan, manfaat teh hijau untuk diet juga tidak bisa dianggap remeh, bahkan beberapa pakar diet sampai menamakanya teh hijau dengan teh diet.

manfaat teh hijau untuk diet

Yang membuat teh hijau sangat sehat dikonsumsi adalah kandungan antioksidan didalamnya mampu meningkatkan kekebalan tubuh dari berbagai penyakit dan penemuan terbaru membuktikan bahwa antioksidan yang terdapat pada teh hijau dapat menangkal pertumbuhan sel kanker.

Ketika Anda minum secangkir teh hijau berkualitas, Anda mendapatkan keuntungan seperti mempercepat diet, meningkatkan kesehatan, dan juga manfaat secara biologis.

Manfaat teh hijau untuk diet terdapat pada kandungan kefein didalamnya. Secangkir teh hijau mengandung lebih sedikit kafein (24-40 mg) daripada secangkir kopi (100-200 mg), meskipun kafein didalam teh hijau lebih ringan namun manfaat teh hijau untuk diet tidak kalah dengan kopi.

Kafein merupakan zat stimulan yang telah terbukti dapat membantu pembakaran lemak. Selain itu, kafein didalam teh hijau juga dapat meningkatkan energi, hal ini sangat baik mengingat dalam program diet dibutuhkan energi ekstra untuk dapat membakar lemak semaksimal mungkin.

Yang membuat manfaat teh hijau sangat baik adalah kandungan antioksidan dan salah satu antioksidan yang sangat kuat adalah catechin.

Bukan itu saja, diet teh hijau juga sangat efektif karena didalamnya terdapat epigallocatechin gallate, zat yang dapat meningkatkan metabolisme. Meningkatnya metabolisme dapat mempercepat diet.

Untuk mendapatkan manfaat diet teh hijau, Anda bisa mengkonsumsi minuman teh hijau atau ekstrak teh hijau, asalkan tidak mengurangi kandungan teh hijau didalamnya.

Baca Juga : menu diet seminggu terbaik untuk menurunkan berat badan

Cara Kerja Diet Teh Hijau

Untuk membakar lemak, Lemak harus dipecah dan di kirim ke aliran darah.

Senyawa aktif yang terdapat pada diet teh hijau dapat membantu dalam proses tersebut dengan cara meningkatkan efek dari beberapa hormon pembakaran lemak.

Antioksidan yang terdapat pada teh hijau bisa menghambat enzim yang bisa memecah hormon norepinefrin. Saat enzim tersebut dapat dihambat maka dapat meningkatkan hormon norepinefrin.

Hormon norepinefrin digunakan oleh sistem saraf sebagai sinyal ke sel lemak, memberitahu sel sel tubuh untuk memecah lemak. Oleh karena itu, lebih banyak produksi hormon norepinefrin dapat menguatkan sinyal yang dikirim ke sel lemak dan mengakibatkan lebih banyak lemak yang akan terbakar.

Kafein dan epigallocatechin gallate yang terdapat pada diet teh hijau memiliki efek saling melengkapi, karena keduanya dapat membakar lemak dengan cara kerja yang berbeda namun tetap dengan tujuan yang sama.

Baca Juga : cara diet alami terbaik terbaik dan faktor kegagalan

Manfaat Teh Hijau Meningkatkan Pembakaran lemak Saat Olahraga

Jika Anda melihat label produk suplemen diet, kemungkinan besar didalamnya terdapat kandungan teh hijau.

Hal ini karena teh hijau telah berulang kali terbukti dapat membakar lemak, terutama saat olahraga.

Dalam sebuah penelitian yang di publikasikan oleh ncbi, pria yang menggunakan ekstrak teh hijau membakar lemak 17% lebih banyak dibandingkan pria yang tidak menggunakan diet teh hijau. Studi ini menunjukkan bahwa manfaat teh hijau untuk diet sangat besar.

Studi lain yang berlangsung selama 8 minggu menunjukkan bahwa manfaat teh hijau untuk diet dapat membakar lemak selama olahraga dan juga setelah olahraga.

Ada beberapa studi yang setuju dengan ini. Diet teh hijau dapat meningkatkan pembakaran lemak, yang dapat menyebabkan penurunan lemak tubuh dalam jangka panjang.

Baca Juga : fungsi lemak pada tubuh

Manfaat Teh Hijau Meningkatkan Metabolisme dan Membakar Energi

Bahkan ketika tidur atau duduk, sel – sel  melakukan miliaran fungsi yang membutuhkan energi.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet teh hijau dapat membuat tubuh Anda lebih banyak membakar kalori, meskipun saat olahraga.

Kebanyakan study melaporkan bahwa peningkatan pembakaran kalori dengan diet teh hijau dapat meningkat sampai 3-4%, meskipun beberapa studi menunjukkan peningkatan sebesar 8%.

Untuk seseorang yang membakar 2000 kalori per hari, 3-4% jumlah untuk tambahan 60-80 kalori per hari.

Dalam sebuah penelitian yang dilaporkan oleh pubmed selama 3 bulan terhadap 60 penderita obesitas, kelompok yang menggunakan ekstrak teh hijau dapat menurunkan berat badan rata rata 3,3 kg dan membakar lebih banyak kalori sampai 183 kalori perhari.

Manfaat Teh Hijau Menurunkan Lemak Perut

Meskipun banyak penelitian yang menunjukkan teh hijau untuk diet terbukti dapat menurunkan berat badan, ada juga beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa teh hijau tidak mempunyai pengaruh untuk diet.

Namun, penting untuk diingat bahwa tidak semua lemak adalah sama.

Beberapa orang mempunyai banyak lemak subkutan yang terdapat di bawah kulit, dan beberapa orang juga mempunyai lemak visceral dengan kadar yang cukup tinggi. Untuk mengetahui apa itu lemak visceral Anda bisa baca artikel dengan judul fakta tentang lemak perut visceral.

Kadar lemak perut visceral yang terlalu tinggi dapat membahayakan tubuh Anda. Hal ini dapat menyebabkan peradangan dan juga resistensi insulin, yang keduanya sangat terkait dengan segala macam penyakit serius, termasuk diabetes tipe 2 dan juga penyakit jantung.

Beberapa penelitian tentang diet teh hijau menunjukkan efek penurunan berat badan secara bertahap, persentase yang signifikan dari lemak yang hilang adalah lemak visceral.

Mengingat manfaat teh hijau untuk diet telah terbukti, maka tidak ada salahnya Anda mencobanya dengan cara meminum teh hijau atau produk olahan dengan bahan utama teh hijau secara rutin setiap hari.

Baca Juga : waspada!! 4 penyakit mematikan ini disebabkan oleh lemak

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *