Cara Menghitung Denyut Nadi Normal Yang Benar

Irondumbbell.com – cara menghitung denyut nadi normal – Dengan menghitung denyut nadi maka kita dapat mengetahui kinerja jantung. Berikut ini kami akan membahas cara menghitung denyut nadi untuk mengetahui apakah denyut nadi Anda normal atau tidak.

cara menghitung denyut nadi normal

Pengertian denyut nadi adalah kontraksi pembuluh darah atau arteri selama 1 menit yang terjadi akibat detak jantung. Hal ini sangat membantu kita untuk mengetahui detak jantung karena denyut nadi sama dengan detak jantung. Jadi dengan mengukur denyut nadi sama dengan mengukur detak jantung.

Denyut Nadi Normal

Jumlah denyut nadi seseorang bisa berbeda dengan orang lain. Saat sedang tidak beraktivitas biasanya denyut nadi berada diposisi terendah. Dalam keadaan normal manusia dapat menghasilkan denyut nadi 60 sampai 100 dalam satu menit. Semakin kecil denyut nadi seseorang dapat mengindikasikan kesehatan yang baik pula.

Berikut ini beberapa penyebab denyut nadi meningkat :

  • Olahraga
  • Anemia
  • Konsumsi Obat
  • Mengkonsumsi zat stimultan seperti amfetamin, kafeini, obat diet, rokok dan alkohol

Baca Juga : bahaya merokok yang harus Anda ketahui

  • Terkena demam
  • Penyakit jantung
  • Kelenjar tiroid
  • Dan Stress

Selain penyebab denyut nadi meningkat ada juga penyebab denyut nadi rendah saat sedang istirahat seperti :

  • Penyakit jantung atau gagal jantung
  • Obat penyakit jantung
  • Kondisi kebugaran yang baik
  • Hipotiroidisme
  • Bekuan darah pada kaki atau lengan

Selain penyebab tinggi rendahnya denyut jantung berikut ini beberapa hal yang dapat mempengaruhi denyut nadi seseorang :

Umur

Denyut nadi juga ditentukan oleh usia seseorang, Dibandingkan dengan orang dewasa dalam keadaan sehat denyut nadi pada anak anak lebih stabil dan normal.

Emosi

Emosi seseorang juga mempunyai peran terhadap denyut nadi. Saat sedang stress, sedih atau gangguan secara mental dapat meningkatkan denyut nadi.

Suhu Udara

intensitas jantung dalam memompa darah aka meningkat saat kelembaban dan suhu udara meningkat dari biasanya. Dalam keadaan seperti ini denyut nadi akan meningkat 10 sampai 16 / menit.

Penggunaan Obat

Jenis obat tertentu juga menurunkan denyut nadi. Obat yang dapat menurunkan denyut nadi seperti obat penghambat hormon adrenalin. Selain menurunkan denyut nadi penggunaan obat tiroid juga salah satu penyebab kenaikan denyut nadi.

Berat Badan

Seseorang yang mempunyai berat badan diatas normal seperti obesitas juga dapat menigkatkan denyut nadi.

Cara Menghitung Denyut Nadi

Masih banyak sebagian besar dari kita yang tidak tahu bagaimana cara menghitung denyut nadi dengan benar. Dibawah ini cara menghitung denyut nadi :

  1. Taruh dan tekan dengan perlahan ujung jari telunjuk dan jari tengah pada pangkal ibu jari di pergelangan tangan.
  2. Hitung denyut nadi selama 15 detik. Lalu kalikan 4 denyut nadi yang sudah dihitung. Contoh : jika dalam 15 detik, jumlah denyut nadi Anda adalah 23, maka 23 x 4, maka hasilnya adalah 93. Dengan rumus tersebut dapat ditemukan bahwa denyut nadi Anda adalah 93/menit (93 x 4).

Menghitung denyut nadi merupakan salah satu metode untuk mengetahui kinerja jantung, aliran darah, menemukan tanda penyakit, dan untuk mengetahui kesehatan secara menyeluruh.

Bagaimana? mudah kan cara menghitung denyut nadi. jadi mulai sekarang Anda dapat mencobanya sendiri tapa harus membeli alat. Sekian.

Baca Juga : tips menurunkan darah tinggi secara alami

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *