Makanan Terbaik Sebelum Latihan Fitness

Makan Sebelum latihan fitness itu bisa dakatakan sangat penting. Kenapa penting? dalam latihan fitness kita butuh tenaga untuk menyelesaikan setiap sesi latihan semaksimal mungkin. Jika asupan nutrisi sebelum latihan kita kurang atau tidak ada sama sekali asupan makanan selama 2 – 3 jam sebelum latihan dapat menyebabkan tubuh kita kurang nutrisi, dan dapat menyebabkan tubuh Anda mengubah protein dalam otot menjadi energi.

Makanan yang baik sebelum olahraga sebaiknya mengandung cukup protein, karbohidrat dan lemak sehat untuk mencegah inflamasi. Dan sebaiknya Anda konsumsi 2 jam sebelum latihan beban.

Makanan dibawah ini dapat menjadi pilihan terbaik sebelum latihan beban :

  1. Pisang

Pisang mengandung karbohidrat cepat serap yang membuat tubuh Anda mendapatkan ledakan tenaga dengan cepat tanpa harus menunggu terlalu lama proses dalam tubuh Anda.  Zat pati yang terkandung dalam pisang akan dipecah menjadi glukosa. Tubuh kemudian mengubah glukosa menjadi glikogen yang akan disimpan untuk bahan bakar otot, dan siap digunakan saat latihan.

Jika Anda sedang dalam program diet mengikis lemak maka pisang sangat cocok sebagai makanan sebelum latihan fitness. Untuk hasil memaksimalkan konsumsi 1 – 2 buah pisang matang satu jam sebelum latihan.

Baca Juga : buah pisang baik untuk diet

  1. Oat Meals

Oatmeal juga salah satu makanan baik dikonsumsi sebelum latihan fitness. Sekitar 1 atau 2 jam sebelum latihan fitness, sebaiknya anda mengkonsumsi oatmeal sebagai sumber karbohidrat.

Oat meals dengan bahan dasar gandum merupakan salah satu sumber karbohidrat kompleks terbaik. Dengan kandungan karbohidrat lambat serap dapat membuat tubuh Anda terisi energi secara perlahan meski durasi latihan fitness yang panjang.

  1. Putih Telur

Telur merupakan sumber protein cepat serap alami yang bisa dengan mudah Anda temukan di toko maupun warung terdekat. Putih telur kaya akan kandungan protein lebih dari setengah kandungan protein pada telur ada di bagian putih telur sebanyak kurang lebih 3 – 4 gram protein.

Protein alami yang terdapat pada putih telur juga sangat baik dalam menghasilkan asam amino untuk memulai pembentukan otot.

Di banding makanan lain seperti daging, putih telur lebih cepat untuk diserap oleh tubuh. Hal tersebut memberikan keuntungan bagi tubuh Anda untuk semaksimal mungkin menyerap seluruh protein dalam telur tanpa ada yang terbuang.

Selain itu asam amino dalam putih telur juga dapat mencegah katabolik selama latihan yang intens.

Untuk hasil yang maksimal Anda dapat mengkonsumsi 3 butir putih telur sebelum latihan.

  1. Kopi

Saya lebih suka menyebut kopi sebagai minuman energi daripada minuman begadang. Kandungan kafein dalam kopi dapat memberikan simultan energi dengan cara memompa jantunga Anda lebih dari biasanya. Selain itu jika Anda dalam program pengikisan lemak maka kopi juga sangat baik, karena kafein dalam kopi dapat membuat tubuh Anda menggunakan lemak sebagai energi

Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Muscle, Kopenhagen, dengan meminum minuman berkafein sebelum berolahragabisa membuat anda lebih enjoy dalam menikmati latihan fitness, mendongkrak energi dan juga mengurangi rasa nyeri otot setelah latihan.

Anda dapat mengkonsumsi satu cangkir kopi 1 jam sebelum memulai latihan fitness.

Baca Juga : manfaat kopi untuk diet dan kesehatan

Namun perlu dicatat, untuk mencegah iritasi pada lambung akibat kurang asupan makanan, Anda juga diwajibkan untuk tetap memakan makanan berkarbohidrat dan berprotein.

Sebenarnya makanan apapun selain yang tertulis diatas juga baik dikonsumsi sebelum latihan fitness, mengingat dalam latihan beban kita membutuhkan banyak tenaga. Dan yang terpenting jangan biarkan perut Anda kosong sebelum latihan beban.

Baca Juga : makanan penting setelah latihan

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *