Obesitas Juga Disebabkan Oleh Polusi

Polusi dan kelebihan berat badan sering dianggap sebagai dua hal yang tidak terkait. Obesitas berkorelasi dengan diet dan gaya hidup, sementara polusi dikaitkan dengan kesehatan dan masalah kesehatan pernapasan seperti asma. Namun pada kenyataannya, obesitas dan polusi udara yang semua berkaitan.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa polusi udara dapat mempengaruhi kemungkinan seseorang kelebihan berat badan atau obesitas. Tidak hanya itu, jika hal ini dibiarkan, polusi akan menyebabkan obesitas juga bisa menjadi salah satu faktor dari berbagai masalah kesehatan kardiovaskular, seperti dilansir situs Health.com (01/03).

“Kami menemukan bahwa orang yang terpapar polusi lebih, biasanya lebih berisiko untuk terkena obesitas. Mereka juga menunjukkan tingkat kolesterol dan gula darah juga tinggi,” kata peneliti Juan Pedro Arrebola dari Universitas Granada, Spanyol.
Hasil tersebut diperoleh setelah peneliti menganalisis tingkat polutan dalam jaringan lemak dari 300 peserta, pria dan wanita di Granada. Tingkat polusi di lingkungan mereka diketahui mempengaruhi bagaimana tubuh mereka menyimpan lemak dan menyebabkan obesitas atau kelebihan berat badan.

Melalui metode statistik yang kompleks, para peneliti menegaskan bahwa tingkat OPO yang terakumulasi dalam tubuh dikaitkan dengan obesitas dan juga dapat mempengaruhi kadar kolesterol dan kadar gula darah dalam tubuh manusia. Jadi mulai sekarang polusi bisa menjadi peringatan. Polusi tidak hanya berbahaya bagi kesehatan paru-paru, tetapi juga untuk kesehatan tubuh dan dapat menyebabkan obesitas.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *