Senam Aerobik : Alasan dan Manfaat Kesehatan Tubuh

Olahraga aerobik dengan teratur seperti berjalan, senam aerobik, bersepeda atau berenang dapat membantu memperbaiki kualitas hidup dan tentunya sangat sehat bagi tubuh Anda. Senam aerobik dapat melatih jantung, paru-paru dan juga memperlancar aliran darah.

senam aerobik

Selain itu senam aerobik juga dapat membentuk tubuh Anda jadi lebih baik dan ideal.

Respon Tubuh Anda Terhadap Senam Aerobik

Selama aktivitas aerobik, Anda berulang kali menggerakkan otot besar di lengan, kaki dan pinggul. Anda akan melihat hasilnya dengan cepat.

Anda akan bernapas lebih cepat dan lebih dalam. Ini memaksimalkan jumlah oksigen dalam darah Anda. Jantung Anda akan berdetak lebih cepat, yang meningkatkan aliran darah ke otot-otot dan kembali ke paru-paru.

Pembuluh darah kecil (kapiler) akan melebar untuk memberikan lebih banyak oksigen ke otot dan membuang limbah, seperti karbon dioksida dan asam laktat.

Senam aerobik juga dapat membantu tubuh Anda melepaskan hormon endorfin, hormon tersebut merupakan hormon rasa tenang dan bahagia.

Apa Senam aerobik tidak baik untuk kesehatan?

Tanpa memandang usia, berat badan atau keahlian dalam melakukannya, senam aerobik sangat baik untuk Anda. Tubuh Anda beradaptasi dengan senam aerobik yang Anda lakukan setiap hari, hal ini dapat meningkatkan kekuatan dan kesehatan tubuh Anda.

Pertimbangkan 10 Alasan berikut bahwa senam aerobik dapat membantu Anda merasa lebih baik dan menikmati hidup sepenuhnya.

Aktivitas aerobik dapat membantu Anda :

1. Menurunkan Berat Badan

Jika dikombinasikan dengan diet sehat, Senam aerobik dapat membantu menurunkan berat badan dan mempertahankannya.

Baca Juga : menu diet seminggu terbaik untuk menurunkan berat badan

2. Menaikan Stamina

Dalam jangka pendek senam aerobik dapat membuat Anda merasa kelelahan. Namun, Anda akan merasakan peningkatan stamina dan kekuatan dalam jangka panjang.

3.  Menangkal Virus

Senam aerobik dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini dapat menurunkan resiko terhadap virus ringan, seperti pilek dan flu.

4. Mengurangi Resiko Penyakit

Senam aerobik dapat mengurangi risiko berbagai kondisi seperti obesitas, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2, sindrom metabolik, stroke dan beberapa jenis kanker.

5. Mengelola kondisi kronis

Senam aerobik dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengontrol gula darah. Jika Anda memiliki penyakit arteri koroner, senam aerobik dapat membantu Anda dalam mengelola kondisi tersebut.

6. Memperkuat Jantung

Jantung yang kuat dapat memompa darah lebih efisien dan mampu memompa darah sampai ke seluruh organ tubuh.

7. Membuat Arteri Tetap Bersih

Senam aerobik dapat meningkatkan meningkatkan kolesterol baik, dan juga menurunkan kolesterol jahat. Hal ini dapat mengurangi penumpukan plak di arteri dan membuatnya bersih.

8. Meningkatkan mood Anda

Senam aerobik dapat mengurangi tingkat stress, dan meningkatkan hormon endorpin yang dapat membuat tubuh Anda tetap rileks.

9. Tetap Aktif Meski usia Senja

Senam aerobik dapat menguatkan otot – otot Anda, hal ini dapat membuat seseorang tetap bugar dan aktif meski pada usia senja.

Senam aerobik juga menajamkan pikiran. Setidaknya dengan latihan aerobik 30 menit sehari tiga kali dalam seminggu dapat mengurangi penurunan kognitif pada orang dewasa atau lebih tua.

10. Hidup Lebih Lama

Penelitian membuktikan bahwa orang yang berpartisipasi dalam latihan senam aerobik dengan teratur mempunyai umur yang lebih panjang daripada mereka yang tidak berolahraga secara teratur.

11. Meningkatkan Oksigen dalam Darah

Saat melakukan aerobik tubuh Anda akan lebih banyak mengambil oksigen, hal ini sangat bermanfaat mengingat oksigen merupakan salah satu yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

12.  Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Saat kelelahan dengan aerobik dapat membuat tubuh Anda akan lebih cepat tidur. Karena banyak terapi insomnia dengan melakukan aerobik.

Langkah Pertama Latihan Senam Aerobik

Aerobik disini tidak berarti hanya dari senam saja, namun dengan melakukan berbagai latihan aerobik seperti dibawahh ini.

Jika ini merupakan hal baru bagi Anda, mulailah dengan jalan kecil baik di tread mill atau jalan kaki biasa. Namun, Jika sudah lama tidak melakukan aktifitas berat ataupun ringan dalam waktu yang lama atau jika Anda mempunyai kondisi kesehatan kronis, konsultasikan dengan dokter Anda terlebih dahulu.

Ketika Anda siap untuk mulai latihan aerobik, mulailah secara perlahan. Misalnya dengan berjalan lima menit di pagi hari dan lima menit di malam hari.

Keesokan harinya, tambahkan beberapa menit untuk setiap sesi berjalan. Tambahkan secara perlahan.

Pilihan lain untuk latihan aerobik dapat yang dapat Anda lakukan seperti senam aerobik, berenang, menaiki tangga, bersepeda, jogging, dan latihan cardio lainnya.

Jika Anda memiliki kondisi fisik yang dapat membatasi kemampuan, tanyakan kepada dokter alternatif olahraga selain senam aerobik.

Baca Juga : pola hidup sehat ini dapat menaikan kualitas Anda

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *