Cara Memilih Suplemen Fitness Gainer

Jika anda sedang dalam fase menaikan / menambah berat badan dan masa otot dengan drastis maka suplemen fitness gainer sangat cocok untuk anda. Dengan kandungan protein dan kalori yang tinggi dapat memaksimalkan pertumbuhan masa otot.

Tetapi perlu diketahui bahwa rata – rata gainer terlalu tinggi dalam kandungan yang mungkin kurang dibutuhkan oleh tubuh dan mungkin hanya akan menambah berat badan anda dikeranakan lemak dan bukan otot.

Kami akan mengulas cara memilih suplemen gainer yang tepat sesuai program bulking yang sedang anda lakukan.

Protein

Pilihlah gainer dengan kandungan protein yang tinggi. Kebanyakan yang saya lihat beberapa produk suplemen penambah masa otot hanya sedikit kandungan protein didalamnya, padahal dalam fase bulking membutuhkan protein yang tinggi untuk recovery setelah latihan dengan beban berat.Saya merekomendasikan untuk menggunakan untuk menggunakan gainer dengan kandungan protein 50 – 60 gr / serving ( sajian ).

Baca  cara menghitung kebutuhan protein untuk mengetahui kebutuhan protein harian anda.

Selain itu juga perlu lihat jenis protein didalam gainer. Pilihlah dengan kandungan campuran whey protein consetrate, Isolate atau bahkan dengan tambahan Casein didalamnya.

Whey protein Isolate akan sangat cepat diserap oleh tubuh, jadi sangat baik untuk mempercepat pemulihan otot setelah latihan beban. Whey protein concentrate diserap lebih lambat daripada jenis isolate jadi bisa mensupply protein kedalam otot.Sedangkan Protein casein sangat lambat diserap oleh tubuh dan akan terus mengisi kebutuhan protein dalam tubuh anda seharian.

Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber kalori utama, jadi memilih suplemen dengan karbohidrat yang cukup merupakan pilihan yang baik. Selain jumlah karbohidrat yang cukup perlu diperhatikan juga bahwa sumber yang didapatkan adalah karbohidrat kompleks bukan karbohidrat sederhana.Karbohidrat simple akan membuat tubuh anda lebih cepat mengubahnya jadi tumpukan lemak karena karbohidrat simple lebih cepat diubah menjadi kalori, sedangkan karbohidrat kompleks lebih lambat diserap oleh tubuh dan akan membuat anda lebih bertenega lebih lama.

Lemak

Meskipun inti dari bulking adalah menambah berat badan tetapi dengan menggunakan gainer yang tinggi kalori dan tidak melihat sumber kalori tersebut merupakan tindakan yang sia sia. Meskipun benar bulking adalah menambah berat badan tetapi kita pasti sepakat bahwa kenaikan otot adalah yang utama daripada bertambahnya timbangan dari lemak.

Banyak produk gainer yang tinggi kalori tetapi dari sumber lemak. Pilihlah gainer yang lebih sedikit kandungan lemak didalamnya.

Anda juga bisa baca bulking bersih vs bulking kotor sebagai referensi bulking yang baik.

Creatine

Sekarang mulai banyak produk gainer yang menambahkan kandungan creatine khususnya dari jenis monohydrate.Sebenarnya ini merupakan perkembangan yang cukup baik untuk gainer karena creatine sangat baik dalam menaikan berat badan dari masa otot, tetapi kandungannya terlalu sedikit kurang lebih hanya 5 gram.Tetapi penggunaan creatine agar maksimal adalah dengan menggunakan metode loading dan maintenance yang kurang lebih menghabiskan 20 gram / perhari. Sedangkan dari suplemen penambah berat badan hanya terdapat 5 gram / sajian.Atau baca tulisan manfaat creatine jika ingin lebih mengetahui manfaatnya.

Saran saya lebih baik membeli gainer yang tidak mengandung creatine dan anda bisa membeli creatine secara terpisah dan bisa tambahkan sendiri.Selain lebih baik karena maksimalnya pertumbuhan otot dengan creatine juga anda bisa lebih menghemat uang daripada harus membeli gainer dengan tambahan creatine didalamnya.

Sesuai dengan ulasan diatas maka perlu jeli dalam memilih suplemen khususnya untuk menambah berat badan dari masa otot mengingat harganya yang relatif mahal.

Baca Juga : cara maksimalkan pertumbuhan otot

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *